Asesmen pembelajaran diharapkan dapat mengukur aspek yang seharusnya diukur dan bersifat holistik. Asesmen dapat berupa formatif dan sumatif. Adapun prinsip asesmen adalah sebagai berikut.

1. Asesmen merupakan bagian terpadu dari proses pembelajaran, fasilitasi pembelajaran, dan penyediaan informasi yang holistik, sebagai umpan balik untuk pendidik, peserta didik, dan orang tua/wali agar dapat memandu mereka dalam menentukan strategi pembelajaran selanjutnya.

2. Asesmen dirancang dan dilakukan sesuai dengan fungsi asesmen tersebut, dengan keleluasaan untuk menentukan teknik dan waktu pelaksanaan asesmen agar efektif mencapai tujuan pembelajaran.

3. Asesmen dirancang secara adil, proporsional, valid, dan dapat dipercaya (reliable) untuk menjelaskan kemajuan belajar, menentukan keputusan tentang langkah dan sebagai dasar untuk menyusun program pembelajaran yang sesuai selanjutnya.

4. Laporan kemajuan belajar dan pencapaian peserta didik bersifat sederhana dan informatif, memberikan informasi yang bermanfaat tentang karakter dan kompetensi yang dicapai, serta strategi tindak lanjut.

5. Hasil asesmen digunakan oleh peserta didik, pendidik, tenaga kependidikan, dan orang tua/wali sebagai bahan refleksi untuk meningkatkan mutu pembelajaran.


Sesuai dengan prinsip tersebut, asesmen tidak hanya fokus pada hasil akhir tetapi juga proses pembelajaran yang dilakukan oleh murid. Oleh karena itu, umpan balik dari murid diharapkan dapat digunakan sebagai bahan refleksi dan evaluasi untuk menentukan strategi pembelajaran selanjutnya.

Pelaksanaan asesmen tidak terbatas pada ujian berbasis kertas. Guru dapat memanfaatkan platform asesmen yang banyak tersedia di internet. Dalam hal ini, penulis menggunakan platform Kahoot.

Pemanfaatan platform Kahoot dapat digabungkan dengan implementasi model pembelajaran kooperatif Teams Games Tournament (TGT).

Adapun proses pembelajaran dengan model pembelajaran kooperatif TGT yang memanfaatkan Kahoot untuk asesmen dan umpan balik dari siswa disajikan dalam vlog berikut.


0 Comments:

Post a Comment

Berkomentar yang bijak ya. Kritik dan saran yang disampaikan dengan baik adalah petunjuk yang berharga, namun jika disampaikan dengan buruk hanya akan menjadi bualan belaka.

Statistik

Followers

Subscribe Us

Popular Posts