Di era perkembangan teknologi yang begitu pesat seperti saat ini, pendidik harus selalu mengembangkan kemampuan Teknologi, Informasi, dan Komunikasi (TIK). PembaTIK 2023 Level 4 memberikan kesempatan bagi penulis sebagai Sahabat Teknologi Jawa Tengah 2023 untuk berbagi praktik baik dengan moda luring maupun daring. Penulis berkesempatan melakukan aksi nyata berbagi praktik baik bersama tiga orang Sahabat Teknologi Jawa Tengah 2023 lainnya pada Selasa, 17 Oktober 2023 secara daring melalui Kombel Sahabat PembaTIK Jawa Tengah di Platform Merdeka Mengajar (PMM).

Adapun judul webinar ini adalah BATIK PRIYANGAN (Berbagi Praktik Baik Pembelajaran Inovatif yang Menyenangkan) dengan narasumber sebagai berikut.

1. Anita Sukarini, S.Pd (Duta Teknologi Kemdikbudristek Jateng 2021) sebagai Keynote Speaker.

2. Suminarsih, S.Pd (Sahabat Teknologi Jateng 2023 - SMAN 1 Belik) yang akan membagikan praktik baik penggunaan Classpoint dalam pembelajaran.

3. Robert Syarifudin, S.Pd (Sahabat Teknologi Jateng 2023 - SMAN 1 Randublatung) yang akan membagikan praktik baik model pembelajaran Teams Games Tournament (TGT) dengan memanfaatkan Platform Merdeka Mengajar (PMM) dan Kahoot.

4. Maulida Azkiya Rahmawati, S.Pd (Sahabat Teknologi Jateng 2023 - SMAN 3 Slawi) yang akan membagikan praktik baik model pembelajaran kooperatif Discovery Learning.

Kegiatan berbagi ini diawali sambutan dari Duta Teknologi Jawa Tengah 2021, Ibu Anita Sukarini, S.Pd. Beliau memberikan gambaran umum tentang PembaTIK dan memotivasi guru peserta webinar untuk mencoba mengikuti pada sesi PembaTIK berikutnya.


Adapun praktik baik yang dibagikan berbeda-beda sesuai dengan apa yang sudah diterapkan oleh masing-masing Sahabat Teknologi. Pada kesempatan ini, penulis berbagi praktik baik tentang penerapan model pembelajaran kooperatif Teams Games Tournament (TGT), pemanfaatan Media Pembelajaran Interaktif (MPI) di kelas, dan asesmen yang menyenangkan menggunakan platform Kahoot. Pelaksanaan BATIK PRIYANGAN diharapkan dapat menginspirasi guru di seluruh Indonesia khususnya wilayah Jawa Tengah untuk terus berinovasi sekaligus memberikan motivasi bahwa inovasi tidak terbatas pada penguasaan TIK tingkat tinggi. 

Webinar BATIK PRIYANGAN dihadiri oleh sekitar 70 guru dari seluruh Indonesia. Keseluruhan kegiatan webinar dapat disaksikan melalui video berikut.






0 Comments:

Post a Comment

Berkomentar yang bijak ya. Kritik dan saran yang disampaikan dengan baik adalah petunjuk yang berharga, namun jika disampaikan dengan buruk hanya akan menjadi bualan belaka.

Statistik

Followers

Subscribe Us

Popular Posts