PembaTIK 2023 Level 4 memberikan kesempatan bagi penulis sebagai Sahabat Teknologi Jawa Tengah 2023 untuk berbagi praktik baik dengan moda luring maupun daring. Dengan menggandeng narasumber guru muda dari berbagai wilayah, MGMP Matematika SMA Kab. Blora berkesempatan berbagi praktik baik dalam acara BESTIE (Berbagi Seputar Inovasi dan Edukasi) pada Jumat, 20 Oktober 2023 melalui Live Instagram MGMP Matematika SMA Kab. Blora.

Adapun narasumber dalam kegiatan berbagi praktik baik ini adalah

1. Robert Syarifudin (Ketua MGMP Matematika SMA Kab. Blora - Sahabat Teknologi Jateng 2023)

2. Clara Ika Phaluphie (Menlo Park School Teacher - Awardee PPG Prajabatan G1 2022)

3. Novia Fajar Masyitoh (Bumi Cendekia Teacher - Awardee LPDP UNY 2019)

4. Lakhaula Sahrotul Aulia (Bumi Cendekia Teacher - Book Illustrator)

Beragamnya latar belakang narasumber dan praktik baik yang telah dilakukan membuat pembahasan dalam acara ini menjadi lebih variatif. Fokus percakapan adalah seputar inovasi pembelajaran terkait dengan teknologi pembelajaran.


Diawali dari ketua MGMP Matematika SMA Kab. Blora, Robert Syarifudin, menyampaikan praktik baik inovasi pembelajaran dengan memanfaatkan media pembelajaran interaktif. Sebagai Sahabat Teknologi Jateng 2023, Robert mengajak guru di seluruh Indonesia untuk membuka pandangan lebih luas tentang teknologi pembelajaran. Teknologi dan inovasi tidak terbatas pada penguasaan komputer. Lebih dari itu, teknologi adalah tentang bagaimana memfasilitasi siswa mendapatkan pengalaman belajar menggunakan platform yang ada.

Pembahasan yang kedua oleh Clara Ika Phaluphie, guru di Menlo Park School, menunjukkan media pembelajaran yang dirancang secara kolaboratif. Clara menjelaskan bahwa dengan kolaborasi akan memunculkan rasa empati sehingga membangkitkan motivasi untuk terus berinovasi. Selain itu, kolaborasi mendukung terbentuknya ekosistem yang baik dalam satuan pendidikan sehingga menunjang terbentuknya karakter Profil Pelajar Pancasila.

Selanjutnya, pembahasan tentang teknologi pembelajaran secara praktis oleh Novia Fajar Masyitoh, guru di Bumi Cendekia School. Praktik baik yang dibagikan adalah media pembelajaran yang dapat diterapkan di semua mata pelajaran dengan tujuan memfasilitasi murid sesuai gaya belajarnya. Novia juga menjelaskan fokus guru dalam berinovasi adalah menunjang proses pembelajaran yang baik dan bermakna.

Terakhir, praktik baik terkait model pembelajaran STEAM (Science, Technology, Engineering, Art, and Mathematics) oleh Lakhaula Sahrotul Aulia, guru di Bumi Cendekia School. Model pembelajaran STEAM merupakan inspirasi guru dalam menerapkan pembelajaran berbasis proyek. Dengan adanya integrasi berbagai mata pelajaran, model ini dapat memfasilitasi murid belajar tanpa mengurangi efektivitas pembelajaran karena tujuan pembelajaran yang disusun oleh guru dapat dipilih dan dipilah untuk terlibat dalam projek.

Dengan total penonton sekitar 130 akun, webinar melalui live instagram ini diharapkan dapat menjangkau guru-guru yang aktif di media sosial sehingga semangat berinovasi. Adapun pembahasan lengkap ada dalam video berikut.



0 Comments:

Post a Comment

Berkomentar yang bijak ya. Kritik dan saran yang disampaikan dengan baik adalah petunjuk yang berharga, namun jika disampaikan dengan buruk hanya akan menjadi bualan belaka.

Statistik

Followers

Subscribe Us

Popular Posts